Penggunaan Aplikasi Media Sosial Untuk Peningkatan Branding Inovasi Produk Baru "Naturally Carbolic" Sebagai Upaya Penunjang Bisnis UMKM Kecamatan Karah, Kota Surabaya

Authors

  • Mega Cattleya Prameswari Annissaa Islami Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Jl. Rungkut Madya Surabaya 60294
  • Rizqi Novita Sari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Jl. Rungkut Madya Surabaya 60294

Keywords:

Media Sosial, Branding Produk, Naturally Carbolic

Abstract

Penggunaan aplikasi media sosial merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan branding produk. Media sosial adalah alat yang sangat kuat untuk membangun hubungan dan meningkatkan kesadaran tentang merek. Penggunaan media sosial dapat sangat bermanfaat bagi UMKM untuk membangun kesadaran merek dan komunikasi dengan pelanggan. Naturally Carbolic merupakan produk inovasi terbaru yang memanfaatkan komoditi tanaman sereh yang banyak terdapat di Kecamatan Karah, Kota Surabaya. Naturally Carbolic merupakan olahan tanaman sereh yang dimana tanaman tersebut tersedia sangat banyak di lingkungan Kecamatan Karah. Statusnya sebagai produk baru, membuat kegiatan promosi menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan PKM ini adalah produk Naturally Carbolic dapat dikenal oleh pasar dan adanya peningkatan penjualan melalui aplikasi sosial media. Peningkatan Branding dilakukan dengan pembuatan label dan logo pada kemasan produk. Sosial Media yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Instagram dan Shopee. Berdasarkan data yang sudah tervalidasi, platform Instagram maupun Shopee merupakan platform yang banyak diakses dari berbagai kalangan. Sehingga sangat cocok untuk dapat melakukan promosi dan penjualan melalui kedua aplikasi tersebut. Maka kedua platform tersebut dinilai banyak memberikan dampak positif bagi pemasaran khususnya produk-produk baru dari UMKM yang memiliki keterbatasan baik dari segi ekonomi maupun lahan dalam memperkenalkan produknya termasuk di UMKM Kecamatan Karah, Kota Surabaya

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mega Cattleya Prameswari Annissaa Islami, & Rizqi Novita Sari. (2023). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Untuk Peningkatan Branding Inovasi Produk Baru "Naturally Carbolic" Sebagai Upaya Penunjang Bisnis UMKM Kecamatan Karah, Kota Surabaya. Abdimesin, 3(2), 28–35. Retrieved from https://abdimesin.upnjatim.ac.id/index.php/abdimesin/article/view/55

Issue

Section

Articles