Kemitraan Masyarakat-Industri: Menggali Potensi Pemasaran 'Kerupuk Ikan' melalui Peningkatan Packaging dan Branding di Desa Sembunganyar, Gresik

Authors

  • sumiati sumiati UPN "Veteran" Jawa Timur
  • nur rahmawati UPN "Veteran" Jawa Timur
  • sinta dewi UPN "Veteran" Jawa Timur
  • kinanti resmi hayati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • fitriatus sholeha UPN "Veteran" Jawa Timur
  • albertus Adriyanto prakosa UPN "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Packaging, Branding, , Kerupuk Ikan

Abstract

Kerupuk ikan adalah produk lokal yang telah lama menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar penduduk desa. Namun, seperti banyak produk lokal, kerupuk ikan sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemasaran dan daya saingnya di pasar yang semakin kompetitif. Desa Sembunganyar, meskipun memiliki potensi besar dalam produksi kerupuk ikan, perlu mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan pemasaran produk mereka. Peningkatan pemasaran kerupuk ikan melalui perbaikan packaging (kemasan) dan branding (pencitraan merek) adalah langkah yang mendasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemasaran produk kerupuk ikan di Desa Sembunganyar, Gresik, dengan fokus pada perbaikan packaging dan branding. Pentingnya penelitian ini terletak pada peningkatan pemasaran produk lokal yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Sembunganyar. Selain itu, perbaikan packaging dan branding juga akan memberikan nilai tambah bagi produk kerupuk ikan, menciptakan citra merek yang lebih kuat, dan memungkinkan produk lokal bersaing secara lebih efektif di pasar

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

sumiati, sumiati, rahmawati, nur, dewi, sinta, hayati, kinanti resmi, sholeha, fitriatus, & prakosa, albertus A. (2024). Kemitraan Masyarakat-Industri: Menggali Potensi Pemasaran ’Kerupuk Ikan’ melalui Peningkatan Packaging dan Branding di Desa Sembunganyar, Gresik. Abdimesin, 4(1), 16–21. Retrieved from https://abdimesin.upnjatim.ac.id/index.php/abdimesin/article/view/61

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)